Home > Kawasaki Ninja 150 R/RR > Tips mengatasi superKIPS macet

Tips mengatasi superKIPS macet


Siapa nggak puyeng kalo Super KIPS macet. Digeber ogah lari, terus konsumsi bensin juga lebih boros. Hal ini banyak dikeluhkan oleh para penyemplak Ninja 2tak generasi baru. Sejauh ini saran yang diberikan mekanik hanya sebatas harus bervariasi dalam hal speed, jangan monoton alias sekali-kali digeber sampe mesin teriak dirpm tinggi. Masalahnya kalo rute diJakarta kayak gini mau geber mesin gimana lawong lari 100km/jam aja dah empot-empotan jantung  karena rute tidak mendukung. Untuk mengakalinya sebenarnya bro-bro bisa utak-atik sendiri. Simpel dan gampang. Berikut panduan dari pak Freddyanto Basuki, bos divisi service Kawasaki Motor Indonesia.

Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi & top-speed langsung drop. “Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis kepala silinder,” bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).Sejatinya katup Super KIPS buat nambah power. Ia membuka setelah mesin berkitir sampai 7.000 rpm. Di rpm bawah, akselerasi motor bagus karena katup Super KIPS nutup. Sehingga bukaan lubang eksos tidak besar. Di rpm atas, top speed-nya laju karena katup KIPS membuka liang eksos tambahan. Alhasil, gas buang lebih lancar & cepat.“Super KIPS juga guna memenuhi standar emisi Euro 2. Jika Super KIPS macet, semua tujuannya gak jalan,” jelas Freddy, sapaan Freddyanto Basuki. Dia kasih tips jika Super KIPS macet. Berikut penjelasannya.Buka aja karet penutup Super KIPS di depan cylinder-head. Mengeceknya, buka gas ampe 7.000 rpm. Jika gigi-gigi Super KIPS tak bergerak, tandanya komponen ini macet. “Mestinya di rpm 6.000, gigi-gigi Super KIPS mulai gerak dan membuka penuh setelah 7.000 rpm,” jelas Freddy lagi.

Kalo udah ketauan macet, buruan betulin. Bisa dikerjain sendiri kok. Siapin obeng plus, kunci ring 10 dan 8 serta kunci L 5. Mulai dengan buka fairing samping pake obeng plus.

Copot karet pelindung Super KIPS (Klik gambar untuk memperbesar)


Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS. Buka putar ke kanan (Clockwise) pakai kunci ring 10.

Copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8. Buka putar ke kiri (Anti Clockwise).

Sekarang sudah tampak mekanis Super KIPS. Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Buka putar ke kanan (Clockwise). Kencengin, putar ke kiri (Anti Clock Wise).

Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS, perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi katup Super KIPS.

Kini, katup penutup Super KIPS sudah kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup mesti bantu cungkil dengan obeng min. Posisi nyongkelnya pilih yang gak ngerusak permukaan kepala silinder.

Sekarang bersihkan. Jika ada cairan carburetor cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.

Setelah itu lumasi dengan grease (oli gemuk) Hi-Temp, bisa merek apa aja. Kalau saya pake grease merek Top 1 kebetulan di gudang ada orang bengkel mesin yg pake oli top 1 sebagai pelumas utk pembakaran suhu tinggi…ukuran 1 kaleng sekitar 20rban kalo ga salah.

Simpelkan bro. Tehnologi SKIPS Ninja dibuat untuk membantu bukan sebaliknya. Setelah itu dijamin larinya Ninja sampeyan maknyus kembali……(iw/24/04/2010)

Sumber : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=553886821&postcount=14

  1. iil
    January 21, 2012 at 10:35 pm

    kalo oli sampingnya shell advance 2t gimana ?? dan oli yg di rekomendasikan supaya kips tidak macet apa mereknya ??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: